TUJUAN KOMUNIKASI BISNIS
Secara umum, ada tiga
tujuan komunikasi bisnis yaitu; memberi informasi (Informing) persuasi
(persuading) dan melakukan kolaborasi, (collaborating) dengan audiens
(pelanggan).
a. Memberi Informasi
Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang
berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain, contoh seorang pemimpin
perusahaan ingin mendapatkan pegawai yang diharapkan, maka Dia memasang iklan
melalui mass media, memasang websitus/situs di jalur internet, dalam hal ini
setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan dilihat dari jangkauan dan
biayanya, untuk itu harus memilih media mana yang akan dipilih.
Dan itu tergantung pada
kebijakan perusahaan dengan melihat kemampuan internal perusahaan tersebut.
Contoh yang lain misalnya sebuah Departemen Store memasang tulisan discotn
besar-besaran pada produknya.
b. Memberi Persuasi
Tujuan kedua komunikasi bisnis adalah memberikan persuasi kepada pihak lain
agar apa yang disampaikan dapat dipahami dengan baik dan benar, hal ini sering
dilakukan terutama yang berkaitan dengan penegasan konfi rmasi pesanan
pelanggan atau negoisasi dengan pelanggan, agar kedua pihak memperoleh manfaat
secara bersama-sama tanpa ada yang merasa dirugikan.
c. Melakukan Kolaborasi
Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi, atau
kerja sama bisnis antara seseorang dengan orang lain, melalui jalinan
komunikasi bisnis tersebut seseorang dapat dengan mudah melakukan kerja sama
bisnis, saat sekarang seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi komunikasi
maka seseorang dapat menggunakan berbagai media telekomunikasi seperti telpon,
faksimile, telpon seluler, internet surat elektronik, teleconference. Teknologi
komunikasi tersebut sangat penting artinya dalam pererat kerja sama bisnis.
MANFAAT KOMUNIKASI
BISNIS
Dalam
melakkan komunikasi bisnis, terdapat 2 manfaat secara umum yang dapat
diperoleh. 2 manfaat tersebut adalah;
1. Manfaat Eksternal
Komunikasi bisnis dengan pihak ketiga yang
efektif membawa dampak positif dalam keberhasilan usaha bisnis
dan upaya membangun citra perusahaan di mata masyarakat.
Contohnya: laporan, brosur dan presentasi
bisnis yang disusun secara profesional dapat meningkatkan citra perusahaan.
Komunikasi
bisnis yang tidak efektif yaitu sangat mahal biayanya, menurunkan cita
perusahaan, memboroskan jam kerja dan menjauhkan pelanggan.
2. Manfaat Internal
Kemampuan berkomunikasi secara efektif
menunjang karir eksekutif perusahaan.
8 hal yang menjadi pertimbangan mempromosikan
jenjang karir eksekutif;
a). Kemampuan bekerja keras
b). Kemampuan manajemen
c). Kepercayaan diri
d). Kemempuan mengambil keputusan yang sehat
e). Latar belakang akademis
f). Mempunyai ambisi untuk maju
g). Kemampuan berkomunikasi secara efektif
h). Berpenampilan menarik
Apa perbedaan dari manfaat eksternal dan internal tersebut....?
BalasHapus