A. LATAR BELAKANG PENYELENGGARAAN KOMUNIKASI
DENGAN BISNIS
Timbulnya situasi Economic of Relatife Plenty ,
dewasa ini setiap pengusaha harus berusaha untuk dapat menutup jurang yang
terbentang antara produsen dengan masyarakat konsumen selaku calon pembeli
atau pemakai barang atau jasa yang dihasilkannya. Menjadi tugas dan
tanggung jawabnya selaku seorang pengusaha untuk selalu dapat
mempengaruhi besarnya permintaan akan barang hasil produksi perusahaannya,
selalu berusaha untuk mencari pembeli dan pemakai barang yang
dihasilkannya. Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar, merupakan suatu syarat
mutlak bagi setiap produsen yang menghasilkan produk secara
besar-besaran yang ditujukan kepada para konsumen yang tidak dikenalnya.
Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar juga berarti suatu syarat mutlak bagi
setiap pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup perusahaannya
dan terus maju berkembang.
Dalam lingkungan bisnis, ada aneka sarana komunikasi perdagangan
yang dapat dipergunakan para pengusaha untuk berkomunikasi dengan
masyarakat konsumen. Sarana-sarana komunikasi perdagangan yang tersedia
antara lain adalah dalam wujud pengiriman surat, pengiriman kawat,
percakapan telepon, kunjungan pribadi, dan lain—lain.
Untuk berkomunikasi dalam suatu daerah pemasaran yang sangat
luas, dimana calon konsumen kita jumlahnya beribu-ribu bahkan mungkin
mencapai jutaan atau puluhan juta orang, kita memerlukan sarana
komunikasi pemasaran khusus scpcrti periklanan. Karena periklanan dalam rangkaian
usaha yang dilakukan setiap pengusaha merupakan suatu alat pemasaran yang
bidang geraknya justru terletak dalam bidang komunikasi massa.
B. KONSEP DASAR DAN PERANAN KOMUNIKASI
Komunikasi merupakan kegiatan manusia untuk berhubungan satu
dengan yang lain secara otomatis. Sehingga sering terlupakan bahwa
keterampilan berkomunikasi adalah merupakan hasil dari belajar manusia.
Keinginan untuk berhubungan satu sama lain adalah karena pada hakekatnya naluri
manusia itu selalu hidup berkawan atau berkelompok serta bersosialisasi. Komunikasi pada umumnya diartikan sebagai hubungan atau
kegiatan- kegiatan yang kaitannya dengan masalah hubungan atau diartikan
pula sebagai saling tukar menukar pendapat. Komunikasi dapat juga diartikan
hubungan kontak antara manusia baik individu maupun kelompok.
Beberapa pengertian komunikasi sebagai berikut :
l. Edward Depari ( Komunikasi dalam organisasi )
Komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan, pesan
yang disampaikan melalui lambang tertentu yang mengandung arti yang dilakukan oleh penyampaian pesan ditujukan kepada penerima
pesan.
2. James A.F Stoner ( Manajemen )
Komunikasi adalah proses dimana seorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan.
3. John R. Schemerhorn ( Managing Organizational Behavior )
Komunikasi itu dapat diartikan sebagai proses antar pribadi
dalam mengirim dan menerima simbol—simbol yang berarti bagi
kepentingan mereka.
4. William F. Glueck (Manajemen)
Komunikasi dapat dibagi dalam dua bagian:
a. Interpersonal Communications
Proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara
dua orang atau lebih di
dalam kelompok kecil manusia.
b. Organization Communications
Dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan
memindahkan pengertian kepada orang banyak di dalam organisasi dan
kepada pribadi-pribadi dan lembaga-lembaga di luar yang ada
hubungannya.
Sunarja dan Djoenoesih Sunarja dalam Seri Ilmu Komunikasi
( Komunikasi Persuasi dan Retorika )
memberikan gambaran definisi komunikasi sebagai berikut :
l. Charles H. Cooley
Komunikasi dimaksud mekanisme yang mengadakan hubungan antara
manusia dan yang mengembangkan semua lambang dari pikiran-pikiran
bersama dengan arti yang menyertainya dan melalui keleluasaan (
space ) serta menyediakan tepat pada waktunya.
2. Carl I. Hovland
Ilmu komunikasi adalah suatu sistem yang berusaha menyusun prinsip-prinsip dalam bentuk yang tepat mengenai hal memindahkan penerangan dan membentuk pendapat serta sikap- sikap. Carl I. Hovland selanjutnya mengemukakan komunikasi adalah proses di mana seorang individu mengoperkan perangsang untuk mcngubah tingkah laku individu-individu yang lain.
3. William Albig
Komunikasi adalah proses pengoperan lambang-lambang yang berarti
individu- individu.
4. Wilbur Schramm
Kita berusaha mengadakan persamaan dengan orang lain.
5. Sir Geral Barry
Berkomunikasi adalah berunding bahwa dengan berkomunikasi orang memperoleh pengetahuan, informasi dan pengalaman karena itu maka orang saling mengerti percakapan, keyakinan, kepercayaan dan kontrol sangat diperlukan.
Berkomunikasi adalah berunding bahwa dengan berkomunikasi orang memperoleh pengetahuan, informasi dan pengalaman karena itu maka orang saling mengerti percakapan, keyakinan, kepercayaan dan kontrol sangat diperlukan.
Dalam garis besarnya dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah penyampaian informasi dan pengertian dari sescorang kepada orang
lain. Komunikasi akan dapat berhasil apabila sekiranya timbul saling
pengertian, yaitu jika kedua belah pihak si pengirim dan si penerima
informasi dapat memahaminya. Jadi komunikasi adalah pernyataan manusia, sedangkan pernyataan terscbut dapat dilakukan dengan kata-kata tertulis ataupun lisan
di sampingitu dapat dilakukan juga dengan isyarat-isyarat atau simbol-simbol. Pada dasarnya komunikasi adalah pemberian dan penerimaan
informasi berupa pengetahuan dan pengertian dengan maksud untuk mcngubah
partisipasi agar hal-hal yang diberitahukan itu menjadi milik bersama. Kegiatan
ini merupakan suatu usaha untuk menimbulkan respons atau umpan balik dari orang
lain sesuai dengan harapan dan orang yang memberi atau menyampaikan pesan dalam
komunikasinya.
Pada dasarnya komunikasi merupakan :
a. Landasan atau dasar aktivitas
b. Dasar atau landasan terjadinya kerjasama
Oleh karena komunikasi merupakan dasar tindakan serta dasar
kerjasama maka hanya adanya kesepakatan atas dasar tindakan serta kerjasama
itulah kegiatan yang ada didalam setiap lingkungan dapat berlangsung secara
harmonis.
Jadi dengan singkat dapat dikatakan bahwa arti penting komunikasi
adalah sebagai sarana atau alat untuk menciptakan jalinan pengertian
yang sama dan serasi serta menimbulkan dasar tindakan serta dasar terbentuknya
kerjasama. Atau dengan perkataan lain peranan komunikasi dapat
diformulasikan sebagai berikut :
l. Sebagai alat untuk menciptakan kesamaan pengertian
2. Sebagai alat untuk menggerakkan perbuatan atau reaksi
Oleh sebab itu adalah penting bagi semua pihak untuk secara
bersama- sama berusaha menciptakan KOMUNIKASI YANG BAIK dan SEHAT . Komunikasi
yang sehat merupakan kondisi bagi lancarnya aktivitas dunia bisnis atau dunia
usaha.
.Pada dasarnya konsep dasar komunikasi meliputi :
1. Proses Komunikasi
Proses komunikasi berjalan antara orang dengan orang atau dengan
kelompok. Dalam komunikasi antar personal ini, akan menyebabkan terjadinya
proses encoding dan decoding. Encoding artinya menjabarkan atau
menggantikan ide kedalam bentuk bahasa, sedangkan decoding adalah sebaliknya,
yaitu menjabarkan dari bahasa kedalam bentuk ide. Suatu
.
2. Elemen-elemen komunikasi
Murphy menyatakan elemen komunikasi adalah :
a. Sender—write, speker, encoder ( pengirim, penulis, pembicara,
pembuat pesan )
b. Message ( pesan )
c. Medium-letter, memo, report, speech, chart, etc ( media
surat, memo, laporan, materi pembicaraan, peta dan sebagainya )
d. Receiver—reader, listener, perceiver, decoder ( penerima,
pembicara , pendengar, pengamat )
3. Motivasi untuk komunikasi
Orang mencoba mencari informasi dan berkomunikasi karena
didorong oleh motivasi untuk :
a. Mengurangi ketidakpastian
b. Memecahkan masalah
c. Meningkatkan keyakinan
d. Kontrol situasi
e. Balikan ( feedback )
terimakasih banyak untuk informasinya, ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas mata kuliah komunikasi bisnis.. matur nuhun kak ...
BalasHapus